Sabtu, 26 Februari 2011

Tugas komputerisasi bank dan lembaga keuangan ke 1

Tema : Alur Perputaran Uang DiBank Dunia

Struktur :

BAB .1.PENDAHULUAN
• Latar belakang masalah
• Rumusan masalah
• Manfaat penelitian
• Tujuan penelitian dan Manfaat penelitian

BAB.2.LANDASAN TEORI DAN PEMBAHASAN
• Pembahasan isi secara keseluruhan

BAB.3.METODE PENELITIAN
• Tekhnik Analisis dari sumber buku maupun media elektronik

BAB.4.HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
• Deskriptif data mengenai alur preputaran uang di bank dunia

BAB.5.KESIMPULAN DAN SARAN
BAGIAN AKHIR :
• Kesimpulan dan saran atas data yang ada
• Daftar pustaka








Segelintir orang kaya dapat diartikan sebagai i1
Bank dapat diartikan sebagai i2
Masyarakat miskin dapat diartikan sebagai i3


Asuransi 1 = @
Asuransi 2 = $
Asuransi Pusat = %
BEJ = *
Perusahaan Hasil kembangan saham i1 =&
Perusahaan baru hasil laba kembangan saham i1 = (












BAB.1. PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Pada dasarnya peranan Bank sangatlah penting dan berpengaruh besar terhadap segala kegiatan perekonomian di seluruh belahan dunia,baik digunakan sebagai sarana penyimpan dan penghimpun dana dari masyarakat,bank juga berguuna sebagai pemberi pinjaman uang atau dana bagi masyarakat.
Dengan adanya tulisan berikut ini diharapkan agar masyarakat dapat mengetahui secara jelas peran penting bank bagi kelangsungan aspek – aspek penting didunia sebagai berikut ini..
1.2 RUMUSAN MASALAH
• Apa itu bank ?
• Bekerjasama dengan siapa saja bank dunia?
• Apa yang Terjadi bila pihak peminjam dana bank tidak mampu membayar utang pada bank?
• Apa manfaat yang dapat diambil dari kerjasama dengan pihak bank?
• Apa pengertian saham ?
• Apa saja bentuk keuntungan dari kegiatan jual beli saham?
1.3 TUJUAN PENELITIAN
• Mengetahui apa itu pengertian dari bank.
• Mampu membantu masyarakat untuk mengetahui kerjasama apa saja dan dengan siapa kerjasama itu dapat terjalin
• Membantu masyarakat mengetahui apa saja hal yang dapat dilakukan guna menghindari hal terburuk dari kegiatan pemberian pinjaman.
• Mengetahui dengan jelas apa manfaat bekerjasama dengan pihak bank.
• Mengetahui makna saham.
• Mengetahui apa saja keuntungan yang dapat diperoleh dari kegiatan jual beli saham.
1.4 MANFAAT PENELITIAN
Pada dasarnya bank memiliki banyak manfaat dan keunggulan dalam melaksanakan kegiatannya,dengan adanya penulisan berikut diharapkan masyarakat dapat mengetahui :
• Arus perputaran uang dunia.
• Mengetahui apakah dengan saham yang dimilki masyarakat kaya,dapat tercipta keuntungan yang sepadan dengan dana pembelian saham sebelumnya.



BAB.2. LANDASAN TEORI
Bank adalah sebuah lembaga masyarakat yang mempunyai peranan sebagaisarana penghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat melalui program kredit.
Asuransi adalah Pihak pemberi sarana pertanggung jawban bagi pihak – pihak yang memerlukan perilindungan dari kemungkinan kerugian.
Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayar bagi semua piha peminta jasa asuransi yang biasa dibayar periodic sesuai ketentuan yang telah ditetapkan bersama.
Reasuransi adalah Pengikatan kerjasama yang dilakukan untuk mkenanggulangi kemungkinan kerugian yang akan dialami oleh berbagai pihak asuransi terhadap kemungkinan tidak mampunya membayar atau membeck-up kerugian yang akan atau terjadi selama pertanggungan
Saham adalah surat bukti kepemilikan uang atau sejumlah dana.
Capital gain adalah keuntungan yang dapat diperoleh dari penjualan atau perputaran saham.
Obligasi adalaha surat bukti utang.
Deviden adalah keuntungan yang diperoleh dari perputtaran saham di lalu lintas Bursa Efek.
BAB.3. METODE PENELITIAN
• Teknik analisa data langsung dari media elektronik maupun non elektronik
BAB.4. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Pada kehidupan terdapat tingakatan strata,antara strata minoritas pihak yang memiliki uang berlebih(Pihak kaya),strata rendah yang berisi masyarakat miskin atau biasa dapat disebut mayoritas rakyat kecil,dan pihak penengah yang disebut dengan Pihak Bank.
Pada dasarnya pihak yang memiliki uang berlebih akan mampu menabungkan uangnya dibank guna memperoleh bunga dari setiap kali uang atau dan yang ditabungkannya dibank,sedangkan pada hakikatnya pihak miskin atau yang disebut dengan mayoritas masyarakat rendah,akan berusaha memiliki uang guna mencukuppi kehidupannya sehari – hari karna kita tahu pada dasaranya ada tiga alas an seorang masyarakat memegang uang L
1. Motif transaksi,adalah salah satu motif masyarakat memegang uangnya sendiri dan bukan menyimpan uangnya dibank agar mampu secara langsung membelanjakan uangnya tersebut untuk kepentingan makan sehari – hari.
2. Motif berjaga – jaga,adalah salah satu alasan masyarakat memegang uangnya sendiri,ialah guna berjaga – jaga dengan berbagai kemungkinan yang tidak terduga,seperti : sakit,dll.,dan
3. Motif spekulasi,adalah motif yang biasa berlangsung atau terjadi dipihak yang memiliki kuang berlebih dan pada dasarnya dana atu uang tersebut dijadikan alat untuk membeli saham dipasar saham,guna memperoleh pemasukan dan keuntungan berlebih
Namun disaat tertentu,pihak yang meminjam uang pada bank,terutama pihak yang memiliki keadaan kekurangan uang atau dapat kita katakana sebagai pihak mayoritas masyarakat rendah,mereka dapat mengalami kegiatan yang dinamakan bangkrut atau kolefs,atau keadaan tidak mampu membayar dana yang dipinjamnya dibank,untuk menghindari hal tersebut maka bank mengambil tindakan dengan menggaet pahak yang dinamakan Asuransi,karna pada dasarnya Asuransi adalah :Pihak penyedia layanan pertanggungan jawaban terhadap kemungkinan – kemungkinan yang tidak dapat terprediksi,namun akan sangat berpengaruh bagi si pihak peminta asuransi,sehingga dengan adanya pihak asuransi ini maka kejadian – kejadian yang tidak dapat terprediksi tersebut dapat lebih mudah ditanggani oleh pihak bankn melalui pihak Asuransi.
Tapi tanpa terduga,pihak – pihak seperti Asuransi juga memiliki kelemahan dana,sehingga untuk menghindari hal tersebut,asuransi – asureansi yang ada bekerjasama bersama untuk membantu penyelesaian kerugian yang mungkin akan dialami oleh pihak peminta layana asuransi,sehingga dengan bersama – sama melakukan kerjasama dari satu asuransi ke asuransi lainnya sampai dengan asuransi pusat diharapkan masalah pertanggung jawaban dana pihak peminta jasa asuransi dapat sedikit tertolong,namun untuk menghindari kerugian,pihak asuransi biasanya memberlakukan premi yang harus dibayar bank yang biasanya besar dan jumlahnya tergantung dari dana yang dipinjam pihak peminjam uang dalam hal ini dapat dikatakan pihak mayoritas masyarakat rendah.
Selain dari premi,asauransi biasanya melakukan peminjaman dana kepada pihak BEJ(Bursa Efek Jakarta) yang dapat berbentuk Obligasi atau surat pengakuan atas utang,yang diharapkan mampu menambal kerugian atau kekurangan dana yang mungkin akan dialami oleh pihak asuransi.
Bagi pihak yang memiliki uang berlebih,biasanya memiliki pandangan untuk bagaimana memanfaatkan uang tersebut sehinnga menjadi dana yang sewaktu – waktu akan mampu memberikan keuntungan bagi si pemilik dana,dengan adanya pendapat tersebut,maka terbentuklah sebuah sarana atau alat yang disebut saham,atau dapat bermakna surat bukti kepemilikan,baik berupa dana uang atau dalam bentuk perusahaan.
Saham yang dimiliki oleh pihak kaya yang cenderung minoritas tersebut dapat bermakna capital gain apabila saham yang disimpan dan diputar di lintasan arus uang BEJ tersebut dapat memberikan keuntungan yang lebih dari uang pembelian saham sebelumnya oleh pihak pemilik uang(kaum kaya yang bersifat minoritas).
Bank bank yang memiliki kelebihan dana laba dari kegiatan usahanya juga dapat memperoleh pemasukan lain selain dari dana pinjaman masyarakat,yaitu dengan membeli perusahaan yang ada dan dikembangkan sesuai dengan keperluan yang paling bermanfaat bagi masyarakat seperti sebagai penyedia sarana transportasi ataupun otlet – otlet makanan,karna pada dasarnya pihak kaya akan mempunyai pola fikir lain yaitu memanfaatkan kelebihan dananya untuk membeli perusahaan lain guna dikembangkan untuk memperoleh dan sesuai kebutuhannya.
BAB.5. KESIMPULAN DAN SARAN
Pada dasarnya dengan adanya kerangka tuisan ini akan mampu member sedikt pengetahuan bagi masyarakat agar :
• Mengetahui apa itu pengertian dari bank.
• Mampu membantu masyarakat untuk mengetahui kerjasama apa saja dan dengan siapa kerjasama itu dapat terjalin
• Membantu masyarakat mengetahui apa saja hal yang dapat dilakukan guna menghindari hal terburuk dari kegiatan pemberian pinjaman.
• Mengetahui dengan jelas apa manfaat bekerjasama dengan pihak bank.
• Mengetahui makna saham.
• Mengetahui apa saja keuntungan yang dapat diperoleh dari kegiatan jual beli saham.
Daftar Pustaka :
• Kuncoro Mudrajad, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogya. 1996. BPFE Yogya.
• Manajemen Keuangan Internasional. (Pengantar Ekonomi dan Bisnis Global) Edisi 2.
• Nopirin, PhD. Ekonomi Moneter, penerbit BPFE Yogyakarta, 1987.
• Sjahrir, Analisis Ekonomi Indonesia, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1991.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar